Home » , » Apakah Perbedaan Antara Jin, Setan, Dan Iblis ?

Apakah Perbedaan Antara Jin, Setan, Dan Iblis ?

Apakah Perbedaan Antara Jin, Setan, Dan Iblis ? | Blog Misteri Beda Dunia  | Dalam kitab Ahkamul Qur’an karangan Qurthubi dijelaskan perbedaan pendapat Para ulama  mengenai asal-usul Jin. :
Hasan al-Basri berpendapat : bahwa Jin keturan Iblis, seperti manusia keturunan Adam. Dari dua kelompok ini ada yang beriman dan ada yang kafir, keduanya juga berhak mendapatkan pahala dan siksaan dari Allah. Mereka yang beriman dari keduanya adalah kekasih Allah dan mereka yang kafir adalah Setan. 
 ( blog misteri beda dunia ) 
Ibnu Abbas berpendapat : Jin adalah keeturunan Jann, mereka bukan setan, mereka bisa mati dan mereka ada yang beriman dan ada yang kafir. Sedangkan setan adalah anak Iblis mereka tidak akan mati kecuali bersama-sama Iblis.

Dalam tafsir surat An-Nas, Qatadah berkata : Sesungguhnya dari jin dan manusia terdapat setan-setan. Ini mirip dengan pendapat Hasan Basri di atas. Dalam surah Al-An’am (112) dikatakan “”Dan demikian lah Aku jadikan untuk setiap nabi musuh dari setan-setan manusia dan jin”.
 ( blog misteri beda dunia ) Dalam buku “Hayatul Hayawan al-Kubra” karangan Dumairi : semua jin adalah keturunan Iblis. Namun dikatakan juga bahwa Jin merupakan satu rumpun, sedangkan Iblis adalah satu dari mereka. Jin juga mempunyai keturunan,seperti dijelaskan dalam al-Qur’an surah al-Kahf (55) “Apakah kalian akan menjadikan mereka (jin) dan keturunanya sebagai kekasih selain Aku (Allah) padahal mereka adalah musuh kalian”. Mereka yang kafir dari kaum jin disebut setan.

Dalam kitab “Akaamu-l-Marjan fi Ahkamil Jan” karangan Syibli (hal. 6) disebutkan bahwa jin mencakup malaikat dan mahluk lainnya yang kasat mata. Sedangkan setan adalah jin yang durhaka dan kafir, mereka adalah anak-anak Iblis. 

Jauhari berkata : Semua yang durhaka dan membangkang dari manusia, jin dan hewan disebut setan. Orang Arab menyebut ular sebagai setan. Yang terpenting bagi umat manusia adalah meyakini bahwa setan adalah musuh mereka dan selalu berusaha untuk menyesatkannya dan menjauhkannya dari jalan Allah. Kita dilarang menyembah atau menuruti kata setan. 
 ( blog misteri beda dunia )
Dalam surah Yasin (60) dikatakan “Bukankah Aku(Allah) telah membuat perjanjian kepadamu hai bani Adam agar kalian tidak menyembah setan, mereka adalah musuh yang paling jelas”. Demkian juga dalam surah Fathir (6) “Sesungguhnya setan adalah musuh kalian maka jadikanlah mereka musuh”.. Dan banyak dalil-dalil yang mengingatkan kita agar hati-hati terhadap tipu daya dan rayuan setan ini.

Sumber : http://munsypedia.blogspot.com/
SELENGKAPNYA >> LIAT YANG LEBIH LENGKAP, SILAHKAN KLIK DISINI..!!
Sobat sedang membaca Info tentang Apakah Perbedaan Antara Jin, Setan, Dan Iblis ? Silahkan baca artikel Blog Misteri Beda Dunia Tentang | Yang lainnya. Sobat boleh menyebar Luaskan atau Meng Copy Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Apakah Perbedaan Antara Jin, Setan, Dan Iblis ? Sebagai sumbernya,.Terimakasih..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

JIKA SOBAT MENYUKAI ARTIKEL INI, MOHON TEKAN “ LIKE “

LIAT MISTERI YANG BELUM KAMU TAU DI BAWAH INI

Share this article :

+ komentar + 14 komentar

semoga kita semua semua dapat terhindar dari godaan dan tipudaya setan

19 Mei 2013 08.52

Benar gan info ini. Sesuai dengan yang saya ketahui dari guru saya dulu ketika masih di pondok pesantren

5 Juli 2013 02.08

Thanks Infonya

Anonim
21 Juli 2013 02.52

Jadi jin dan iblis itu beda y, trimakasih infonya

Anonim
30 Juli 2013 17.06

Wah jin itu ada yg baik juga.. Klu begitu aq kepingin ketemu dan bicara ma jin, yg baik itu..

nn
21 Agustus 2013 07.36

mahluk Allah itu manusia, malaikat dan jin. iblis itu nama salah satu jin, setan itu sifat.

Anonim
3 Oktober 2013 12.56

kita tdak bleh komunikasi dg jin bgtu jga sbaliknya krna itu mlanggar hukum Allah jika ada jin dan manusia berkomunikasi pastilah mereka kafir

Anonim
22 November 2013 04.42

gan bisa di jelaskan ng, jin itu contohnya apa,? syetan itu contohnya apa.? dan iblis itu contohnya apa.? kadang ada yang bilang jin menyamar jadi manusia di bilang iblis, dan sebaliknya. ada juga yang bilang sifat jahat manusia di bilang syetan, jadi seperti apa sebenarnya itu.?

7 Februari 2014 03.17

Masak? Ada dalilnya gak? Tlng sbutin .

26 Februari 2014 22.35

Great information

17 Maret 2014 09.25

Jika manusia bersifat seperti sifat nya iblis dia maka dia termasuk iblis

13 April 2014 17.58

Dan manusia" yg menentang Allah. .

itu secara tidak langsung kan menjadi temen setan.

18 April 2014 22.24

puyeng....

9 Mei 2014 19.56

Apakah syetan itu berwujud?

Poskan Komentar

 
Support : Bank Archives | UN1X PROJECT | Munsypedia
Copyright © 2013. Blog Misteri Beda Dunia - All Rights Reserved
Template Created by UN1X PROJECT Published by Munsypedia
Proudly powered by Blogger